Rabu, 14 Juni 2017

Contoh Proposal Acara Pelantikan Pengurus Organisasi Kemahasiswaan/Kepemudaan


HIMPUNAN MAHASISWA KINALI
Sekretariat: Jln. Raden Saleh No. 7 Kel. Flamboyan Kec. Padang Barat Kota Padang Email: hmkinali@gmail.com
 

PROPOSAL PELANTIKAN PENGURUS HMK PERIODE 2016-2017


PELANTIKAN:
8/20/2016
AULA KANTOR CAMAT KINALI



















A.      DASAR PEMIKIRAN
           
Mahasiswa atau golongan muda sebagai generasi penerus Bangsa mempunyai hak dan kewajiban serta tanggung jawab untuk mengantarkan Bangsa Indonesia menuju masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Bahwa sesuai dengan salah satu poin dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu “Pengabdian Pada Masyarakat” maka mahasiswa dituntut aktif  bersama masyarakat untuk mensukseskan pembangunan Nasional. Dalam memenuhi tuntutan tersebut mahasiswa selayaknya berusaha membaur dan bekerjasama dengan masyarakat demi kemajuan Negara Kesatuan Republik Indonesia, khususnya tempat dimana mahasiswa tersebut beraktifitas.
Mahasiswa sebagai kaum intelektual, agen perubahan, dan sosial kontrol yang berasal dari masyarakat dan untuk masyarakat merupakan aset pembangunan yang potensial, sudah sepantasnya peka terhadap aspirasi masyarakat serta pelaksanaan pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Organisasi Kemahasiswaan merupakan tempat penempaan diri sebelum terjun ketengah-tengah masyarakat, Organisasi Kemahasiswaan merupakan salah satu wadah utama bagi mahasiswa untuk mengembangkan diri dan belajar tata cara beroganisasi.
Terbentuknya Organisasi Kemahasiswaan diharapkan mampu merangsang mahasiswa untuk aktif  berorganisasi, sebagai mahasiswa yang aktif dalam organisasi kemahasiswaan mempunyai peranan majemuk, di salah satu sisi mahasiswa harus berupaya menjadi pribadi yang sukses, dan  di sisi lainnya mahasiswa memiliki kewajiban untuk mampu mengayomi mahasiswa ataupun masyarakat  dan menjadi fasilitator atas semua keluhan mahasiswa yang lainnya maupun masyarakat pada umumnya. Untuk menjadi pribadi yang sukses maka mahasiswa harus belajar mencapai target-target yang selain target pribadi mahasiswa juga harus dapat mencapai target organisasi untuk kecerdasan di semua aspek baik intelektual, emosional, maupun spiritual. Sebagai mahasiswa yang terdidik tentunya harus memberikan kontribusi positif dan mampu memberikan win-win solution di tegah-tengah lapisan masyarakat, maka dari pada itu Organisasi Kemahasiswaan merupakan wadah yang tepat untuk mahasiswa dalam mengasah dan mengaplikasikan kemampuannya.
Himpunan Mahasiswa Kinali (HMK) merupakan suatu wadah Organisasi Kemahasiswaan yang berasal dari Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat yang mana tugas dan fungsinya untuk menghimpun seluruh mahasiswa yang berasal dari Kecamatan Kinali dalam nuansa akademik, solidaritas, kekeluargaan, dan pengabdian dalam niat dan kesatuan tekat memberikan kontribusi positif terhadap mahasiswa dan masyarakat Pasaman Barat  pada umumnya.
Menyikapi amanah pembangunan nasional beserta problematika diatas, HMK sebagai organisasi sosial kepemudaan menegaskan komitmennya sebagai alat perjuangan dalam mentransformasikan gagasan dan aksi terhadap rumusan cita yang ingin dibangun yakni terbinanya kaum intelektual, agen perubahan, dan sosial kontrol. Ironis rasanya tatkala cita-cita luhur tersebut dewasa kini hanya sekedar utopia belaka, menjadi mustahil membicarakan masyarakat adil makmur jika HMK belum selesai mengurusi dapurnya sendiri. Tanpa bermaksud arogan melainkan suatu kritik konstruktif yang harus disadari bahwa HMK telah hilang khittah perjuangannya. Perilaku mahasiswa cenderung apatis dan pragmatis, merebaknya konflik kepentingan, politik transaksional, merosotnya iman, serta hilangnya pemikiran pembaharuan. Dari refleksi tersebut HMK kian di cap sebagai organisasi yang telah lari dari tanggung jawab kaum intelektual, agen perubahan, dan sosial kontrol  sebagai problem solver di masyarakat.
Persoalan-persoalan di atas sudah seharusnya menjadi fokus perhatian bagi HMK baik secara individu maupun organisatoris. Menilik sejarah, tokoh-tokoh bangsa di masa silam memberikan kita orientasi bahwa perjuangan dimulai dan dilakukan bersama masyarakat, seperti Tjokroaminoto rela membanting diri dari semula pegawai pemerintahan menjadi buruh pabrik gula Rogojampi sebelum menjadi pemimpin Sarekat Islam, Tan Malaka menjadi bohemian yang berkeliling dunia melawan pemerintahan imperialis, Semaun menjadi menjadi pemimpin buruh yang dielu-elukan kolega kulit putihnya di Belanda, Sukarno dan Hatta memilih jalan pergerakan yang tiada mendatangkan kekayaan dan meninggalkan kesempatan menjadi pegawai pemerintahan kolonial. Membumikan perjuangan HMK berarti menyadarkan posisi HMK sebagai bagian dari tatanan masyarakat yang mampu berperan aktif melakukan social control dan moral force dengan jalan mengembalikan arah perjuangan yang menyentuh masyarakat secara langsung dan nyata, Rekonstruksi perspektif perlu dibangun berlandaskan nilai-nilai sosial yang kosmopolitan dan universal sehingga tepancar sosok aktivis muda dengan motivasi absolut yang responsif terhadap perubahan dinamika sosial dalam upaya mengayomi kaum yang lemah.
Kondisi zaman selalu berubah dari waktu ke waktu dan tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri. HMK ada untuk menjawab tantangan zaman yang terus berubah itu dengan pola dan strategi perjuangan yang tepat dengan kondisi zamannya. Sejatinya langkah prioritas HMK adalah menyediakan wadah berhimpun, maka organisasi ini harus memiliki sekretariat untuk kelancaran jalannya roda organisasi, menghimpun data best,  melakukan rekruitman atau pengkaderan, dan melukan program kerja yang bernilai guna untuk mahasiswa ataupun masyarakat pada umumnya . Oleh karena itu, untuk menunjang prioritas diatas diperlukan regenerasi estafet kepemimpinan yang merupakan proses formal dalam suatu organisasi.
Maka dari itu, HMK sebagai lembaga struktural yang bertanggung jawab atas penyelenggaraan pelantikan pengurus, dalam periodesasi kali ini bertekad menggelar proses pelantikan sebagai wujud nyata pertanggungjawaban pengurus HMK pada regenerasi yang terencana, sistematis dan berkesinambungan. Bahwa dengan keyakinan yang penuh untuk mencapai tujuan tersebut, diperlukan usaha yang nyata dengan dijiwai semangat kerukunan, kerjasama, persatuan dan kesatuan oleh segala unsur demi tercapainya cita-cita bersama yang luhur.
Semoga segala buah pemikiran, perjuangan dan usaha anak manusia yang bergantung pada-Nya dirahmati dan diridhoi Allah SWT. Amin

B.       NAMA KEGIATAN
Kegiatan ini bernama  “Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali”

C.      TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini bertema “Sinergi Generasi Muda Nagari Untuk Kinali”
D.      TUJUAN KEGIATAN
Tujuan dari kegiatan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali adalah :
1.      Terselenggaranya Estafet Kepengurusan Organisasi;
2.      Terjalinnya silaturahmi antar unsur masyarakat

E.       TARGET KEGIATAN
Target dari kegiatan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali adalah :
1.      Lahirnya pengurus yang memiliki kemampuan intelektual yang kritis, progresif, dan penuh inovatif serta mempunyai kesadaran arti penting berhimpun;
2.      Terhimpunya pengurus organisasi yang mampu mengemban amanah organisasi.

F.       WAKTU DAN TEMPAT
 Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali Insya Allah akan dilaksanakan pada :
Waktu             : Hari Sabtu/Tanggal  20 Agustus 2016
Pukul               : 09.00 WIB - Selesai
Tempat            : Aula Kantor Camat Kinali

G.      PESERTA KEGIATAN
Peserta kegiatan Pelantikan Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali :
·         Pengurus HMK
·         Anggota HMK
·         Tamu Undangan

H.      ESTIMASI BIAYA
Anggaran Biaya yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah Rp.17.342.000.00,- Dengan rincian terlampir

I.          SUMBER DANA
1.      Sumbangan Anggota;
2.      Pemda Kabupaten Pasaman Barat;
3.      Sumber lain yang halal dan tidak mengikat.

J.          PENUTUP
Demikianlah Proposal ini kami susun sebagai acuan pelaksanaan kegiatan ini untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya serta sebagai bahan pertimbangan berbagai pihak dalam memberikan bantuan untuk menyelenggarakan kegiatan ini. Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya demi terselengaranya kegiatan ini. Amin










LEMBAR PENGESAHAN

Kinali, 19 Juli 2016
Panitia Pelaksana
Pelantikan Pengurus
Himpunan Mahasiswa Kinali

      Ketua Pelaksana                                                                      Sekretaris Pelaksana
                                                           
                       

                            Yulhardi                                                                                  Fagiri Yogi
                
Menyetujui
Formatur
Himpunan Mahasiswa Kinali



Ireng Zuif Martha

Mengetahui,

                      Wali Nagari Kinali                                  Ketua Majelis Penasehat dan Konsultasi



                         Syafriyal, S.Pd                                                    Fardi Winaldi, S.H                    


                        Ketua KAN Kinali                                                             Camat Kinali




TK. H. Asrul, S.E., M.H., Yangdipertuan Kinali                                        Safii

Tembusan :
1.      Bupati Pasaman Barat
2.      Wakil Bupati Pasaman Barat
3.      Ketua DPRD Kabupaten Pasaman Barat
4.      Kapolsek Kinali
5.      Babinsa Kinali
6.      Arsip.

Lampiran I
AGENDA ACARA
PELANTIKAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA KINALI

Jum’at, 5 Agustus 2016
WAKTU
KEGIATAN
Pelaksana/Oleh
T-4




















Aula Kec. Kinali





















Kondisional
 PEMBUKAAN :
      Master of Ceremony (MC)

      Pembacaan Ayat suci alquran

      Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

      Laporan Ketua Panitia

Sambutan Formatur Terpilih

      Sambutan Ketua HMK  Demisioner

      Sambutan Ketua MPK
        
         Sambutan Tamu Kehormatan (Bupati/Wakil Bupati/Ket. DPRD Pasaman Barat/Camat, Ketua KAN, Wali Nagari Kinali, dsb.) Sekaligus membuka acara pelantikan Ketua HMK Terpilih

Serah terima jabatan antara ketua HMK Demisioner dengan Ketua HMK Terpilih

Pelantikan calon pengurus/anggota HMK oleh Formatur Terpilih


Pengambilan sumpah Ketua HMK Terpilih beserta jajaran pengurus

Foto Bersama (Diiringi instuman lagu Padamu Negeri)

ISHOMA

HIBURAN :
Penampilan Minat dan Bakat :
-          Oleh Panitia
-          Oleh Anggota HMK
-          Oleh Tamu Undangan

PENUTUP
-          Do’a
-          Silaturahmi/ salam-salaman
-          Iringan musik dan lagu penutup

Panitia

Panitia

Hadirin

Edo P. Pratama

Ireng Z. Martha

M. Zulfikar

Fardi Winaldi

Tamu Kehormatan


Demisioner & Ketua Terpilih

Formatur & Calon Pengurus

Pengurus HMK

Hadirin

Hadirin



Hadirin




Panitia
Hadirin
Hadirin



Lampiran  II

SURAT KEPUTUSAN
Nomor : 02/SK/PANPEL/HMK/VII-2016
Tentang
PENGESAHAN PANITIA PELAKSANA
PELANTIKAN PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA KINALI
 




Dengan senantiasa mengharap rahmat dan ridho Allah SWT, Pengurus Himpunan Mahasiswa Kinali, setelah :

MENIMBANG



MENGINGAT



MEMPERHATIKAN



MENETAPKAN
:



:



:



:







1.      Bahwa Demi Menjaga Kelancaran Dan Kesuksesan Kepanitiaan   Himpunan Mahasiswa Kinali, maka dipandang perlu untuk mengesahkan Susunan Kepanitiaan.

1.      Anggaran Dasar
2.      Anggaran Rumah Tangga
3.      Aturan dan Pedoman Pokok lainya

Musyawarah Besar Himpunan Mahasiswa Kinali Ke-IV, di Aula Kantor Camat Kinali.

MEMUTUSKAN
Mengesahkan susunan kepanitiaan Pelantikan Himpunan Mahasiswa Kinali, susunan kepanitiaan terlampir.

Surat keputusan ini berlaku sejak tanggal ditetapkan dan tidak akan ditinjau kembali kecuali terdapat kekeliruan di dalamnya.

Billahitaufiq wal Hidayah

Ditetapkan di  : Kinali
Tanggal           : 11 Juli 2016
Waktu             : 9.00 WIB
                                                                                               
FORMATUR
                                                                        HIMPUNAN MAHASISWA KINALI




IRENG ZUIF MARTHA




Lampiran III

ANGGARAN BIAYA

ADMINISTRASI & SEKRETARIATAN
Nama Barang
Banyaknya
Harga @ Rp
Jumlah @Rp
Kertas HVS
2 Rem
30.000.00,-
60.000.00,-
Amplop Besar
200 Lbr
1.000.00,-
200.000.00,-
Pengadaan proposal
30 Buah
20.000.00,-
600.000.00,-
Pendistribusian/Konfirmasi surat- menyurat
-
-
200.000.00,-
Alat Tulis Kantor (ATK)
-
-
200.000.00,-
Lem Fox
1 Buah
8.000.00,-
8.000.00,-
Map
10 Buah
2.000.00,-
20.000.00,-
Piagam untuk Pengurus Demisioner
23 Lembar
5.000.00,-
        115.000.00,-
ID Card Panitia
18 Lembar
2.000.00,-
36.000.00,-
Stempel Panitia
1 Buah
50.000.00,-
50.000.00,-
Tinta Stempel
1 Buah
15.000.00,-
15.000.00,-
Bantalan Stempel
1 Buah
25.000.00,-
25.000.00,-
Printer Canon
1 Unit
1.750.000.00,-
1.750.000.00,-
Pin Pengurus
32 Buah
12.000.00,-
384.000.00,-
Baju Seragam Pengurus
32 Helai
150.000.00,-
4.800.000.00,-
Anggaran Alternatif
-
-
200.000.00,-
T o t a l
8.663.000.00,-

KONSUMSI
Nama Barang
Banyaknya
Harga @ Rp
Jumlah @Rp
Makan Pengurus yang dilantik
32 Orang
12.000.00,-
  384.000.00,-
Makan Panitia dan SC
20 Orang
12.000.00,-
240.000.00,-
Makan Hadirin dan Tamu Undangan
150 Orang
12.000.00,-
  1.800.000.00,-
Snack 2 x (pagi-sore)
202 Orang
4.000.00,-
 1.616.000.00,-
Air Mineral Gelas
5 Kardus                                                                                                                     
18.000.00,-
 90.000.00,-
Konsumsi Operator & Anggota Orgen
-
-
300.000.00,-
Buah-buahan
-
-
150.000.00,-
T o t a l
 4.580.000.00,-
PERLENGKAPAN
Nama Barang
Banyaknya
Harga @ Rp
Jumlah @ Rp
Dekorasi Aula
-
-
300.000.00,-
Spanduk Rentang
2
200.000.00,-
400.000.00,-
Film dan cuci-cetak foto
-
-
150.000.00,-
Bendera Petaka HMK
1 Lembar
200.000.00,-
200.000.00,-
Bendera Mereh Putih
1 Lembar
50.000.00,-
50.000.00,-
Orgen Tunggal
-
-
2.500.000.00,-
Anggaran Alternatif
-
-
200.000.00,-
T o t a l
3.800.000.00,-

TRANSPORTASI & KOMUNIKASI
Nama Barang
Banyaknya
Harga @ Rp
Jumlah @ Rp
Bensin Kendaran Panitia
15 Liter
6.600.00,-
99.000.00,-
Pulsa HP Panitia
-
100.000.00,-
100.000.00,-
Anggaran Alternatif
-
-
100.000.00,-
Jumlah Total


299.000.00,-


REKAPITULASI ANGGARAN  
                                                                                                           
Bagian
Jumlah Rp

ADMINISTRASI & SEKRETARIATAN

8.663.000.00,-

KONSUMSI

4.580.000.00,-

PERLENGKAPAN

3.800.000.00,-

TRANSPORTASI & KOMUNIKASI

299.000.00,-

TOTAL


17.342.000.00,-
   TERBILANG: TUJUH BELAS JUTA TIGA RATUS EMPAT PULUH DUA RIBU RUPIAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GOOD GOVERNANCE DALAM KEPEMIMPINAN TUNGKU TIGO SAJARANGAN PADA MASYARAKAT ADAT MINANGKABAU

GOOD GOVERNANCE DALAM KEPEMIMPINAN TUNGKU TIGO SAJARANGAN PADA MASYARAKAT ADAT MINANGKABAU Oleh: FARDI WINALDI, S.H (Advokat _ ...